Lapangan voli sangat penting untuk diketahui oleh para pemainnya. Permainan bola voli adalah salah satu olahraga yang cukup banyak diminati orang di dunia, selain sepak bola, bulu tangkis, dan basket.

Bola voli merupakan permainan olahraga yang dimainkan dengan oleh 2 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain. Permainan ini dilakukan di lapangan voli (dalam atau luar ruangan), yang setiap wilayah pertahanannya dibatasi oleh sebuah net.

Permainan bola voli menjadi satu di antara cabang olahraga yang digemari berbagai lapisan masyarakat, mulai anak-anak sampai orang tua, laki-laki maupun perempuan, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Dalam praktiknya, permainan bola voli dilakukan dengan cara melambungkan bola supaya tidak terjatuh ke tanah. Permainan bola voli bisa dikatakan permainan yang memantul-mantulkan bola.

Permainan bola voli diciptakan oleh Willam C. Morgan, seorang direktur pendidikan jasmani organisasi Young Man Christian Assosiation (YMCA) pada tahun 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

YMCA adalah sebuah organisasi yang mengajarkan ajaran agama kepada para pemuda Kristen, yang didirikan pada tahun 1884 di London, oleh George William.

Willian C. Morgan pada awalnya menciptakan sebuah permainan bernama mintonette. Mintonette adalah permainan yang diadopsi dari berbagai macam olahraga (bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan). Mintonette diciptakan Morgan, setelah ia bertemu dengan pencipta permainan bola basket yaitu, James Naismith.

Mintonette didemontrasikan dalam pertandingan International YMCA Training School pada tahun 1896. Setelah melihat pertandingan tersebut, Alfers T Hastel mengubah nama permainan Mintonette menjadi Volleyball (bola voli).

Sesuai dengan namanya (volley), dimana dalam permainan ini, bola akan dipukul dan harus tetap melambung ke atas tidak menyentuh tanah.

Tahun 1922, YMC mengadakan kompetisi nasional bola voli di Amerika Serikat, setalah itu pada saat perang dunia ke 2, permainan bola voli kian populer di wilayah Eropa, Asia bahkan seluruh dunia hingga saat ini. International Volley Ball Federation (IVBF) didirikan pada tahun 1948.

Di Indonesia sendiri permainan bola voli dikenalkan oleh Belanda. Belanda saat itu sengaja para guru jasmani, untuk mengambangkan permainan ini di Indonesia. Lama kelamaan, permainan ini pun akrab dan tumbuh dengan pesat di kalangan masyarakat.

Atas dasar pesatnya perkembangan bola voli di Indonesia, maka dibuatlah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBSVI) pada Januari 1955 di Jakarta bertepatan dengan kejuaraan Nasional. Adanya PBVSI, telah berhasil mengembangkan permain bola bola voli di Indonesia hingga saat ini.

 

Peralatan Permainan Bola Voli pada Lapangan Voli

1. Bola Voli

Pada umumnya, bola voli terbuat dari dua macam bahan, yaitu kulit dan karet. Bola voli tradisional mayoritas terbuat dari bahan kulit yang berkualitas pilihan. Maka tidak mengherankan kalau bola voli tradisional terkenal lembut dan awet.

Di jaman modern ini, mayoritas bola voli terbuat dari bahan karet. Selain melimpahnya bahan karet, ukuran bola lebih mudah diatur jika menggunakan bahan dasar karet.

Standar bola voli yang ditetapkan oleh FIVB harus berbentuk bulat sempurna dan berdiameter 18-20 cm. Tekanan udara yang masuk ke dalamnya harus berada dalam rentang 4,26-4,61 hPa/psi. Sehingga, setelah dipompa bola memiliki berat sekitar 260-280 gram.

2. Net Bola Voli

Fungsi net dalam permainan bola voli sebagai pembatas. Net sangat penting karena untuk menentukan tim yang mencetak skor, wasit seringkali menjadikan net sebagai parameter. Kita bisa cek spesifikasi net yang ditetapkan oleh FIVB:

  • Tinggi net voli putra : 2,43 m
  • Tinggi net voli putri : 2,24 m
  • Lebar net : 1 m
  • Panjang net : 9 m
  • Lebar pita sisi net : 5 cm
  • Jarak tiang net ke garis tepi lapangan : 0,5–1 m
  • Tinggi antena : 80 cm di atas net
  • Ukuran jaring : 10 cm (berbentuk persegi)

 

3. Lapangan Bola Voli

  • Ukuran lapangan : 9 m x 18 m
  • Area servis : 3 m di belakang garis lapangan
  • Area serang : 3 m dari garis tengah
  • Lebar garis lapangan : 5 cm

 

Untuk peraturan dalam permainan bola voli diawali dengan servis oleh regu penyerang setelah diundi regu mana yang menjadi penyerang pertama. Servis harus melewati net, bola diterima regu lawan, dan boleh memainkan bola maksimal tiga kali.

Bola tersebut kemudian dikembalikan lagi ke lapangan lawan dengan berusaha memastikan pertahanan lawan. Jika bola gagal dikembalikan oleh regu server maka pindah dan poin satu untuk regu penerima.

Sebaliknya jika bola gagal dikembalikan, poin untuk lawan, sesuai posisi matinya bola di daerah mana. Kemenangan permainan bola voli dalam satu set adalah regu yang lebih dahulu mencapai poin 25 dalam satu pertandingan.

Dalam permainan bola voli harus memperhatikan dan harus mempunyai beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain bola voli, antara lain servis, passing, smash, dan block.

Teknik Dasar Bola Voli

  1. Passing bawah dan Passing atas
    Passing bawah digunakan untuk memberikan umpan bola kepada tim, dan menahan serangan dari tim lawan. Sedangkan passing atas, digunakan untuk memberi umpan yang berada di depan net.

 

  1. Servis atas dan servis bawah
    Servis adalah pukulan bola yang digunakan untuk membuka awal permainan bola voli (https://www.detik.com/tag/bola-voli) dan menghentikan pertahanan dari tim lawan melalui gerak atas dan bawah.

 

  1. Smash
    Smash merupakan teknik pukulan secara cepat dan keras, yang digunakan untuk menyerang lawan dengan melewati net.

 

  1. Blocking
    Blocking merupakan teknik dasar lanjutan dari permainan bola voli. Tujuan dilakukannya teknik ini adalah upaya agar bola voli tidak bisa menembus net dalam daerah pertahanan, dengan cara menahan pukulan dari tim lawan.

 

Salah satu syarat untuk bisa memainkan bola voli adalah memahami peraturannya. Olahraga ini pun memiliki sejumlah aturan yang berkaitan dengan hal teknis, pelanggaran, serta penghitungan skor.

 

Aturan Main dan Pelanggaran

  1. Setiap tim terdiri dari enam orang. Ada empat peran yang harus dimiliki setiap tim, yaitu spikertosserdefender, dan libero.
  2. Jumlah pemain bola voli dalam satu tim minimal empat orang.
  3. Permainan dimulai dengan lempar koin untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan servis pertama kali.
  4. Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net.
  5. Bola dinyatakan out apabila keluar dari garis lapangan.
  6. Pemain harus melakukan passingsmash, dan teknik lainnya di area lapangannya sendiri. Artinya, pemain tidak boleh sampai melewati batas net atau masuk ke area lawan.
  7. Bola dinyatakan masuk apabila sudah menyentuh lantai dan berada di dalam garis lapangan permainan.
  8. Pemain hanya boleh memukul/memantulkan bola, bukan menangkap atau melemparnya seperti pada permainan basket. Menangkap dan melempar bola akan dinilai sebagai suatu pelanggaran.
  9. Pemain boleh menggunakan anggota tubuh mana saja untuk memantulkan bola. Pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila memantulkan bola dengan cara menendang.
  10. Tidak ada batasan untuk pergantian pemain dan boleh dilakukan berkali-kali.
  11. Pemain dilarang menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja.
  12. Berbicara kasar, baik kepada tim lawan maupun wasit, bisa dianggap sebagai pelanggaran.

 

Penghitungan skor

Permainan bola voli biasanya berlangsung selama 2–3 set. Dua babak pertama akan menentukan apakah set tambahan perlu dilakukan atau tidak. Apabila ada tim yang langsung memenangkan dua set secara berturut-turut, pertandingan tidak perlu dilanjutkan.

Tim yang menang tadi langsung dinyatakan sebagai pemenang. Bila kedua tim sama-sama menang di dua set pertama, pertandingan akan berlanjut sampai set ketiga. Babak inilah yang akan menentukan siapa pemenangnya.

Sementara untuk penghitungan skor, olahraga ini menggunakan sistem rally point dengan jumlah poin 25. Artinya, tim yang mendapatkan poin 25 terlebih dahulu akan dinyatakan menang di babak tersebut.

Akan tetapi, apabila terjadi skor seri (misalnya 24-24), poin kemenangan akan berubah. Pertandingan otomatis dilanjutkan sampai ada salah satu tim yang berhasil memimpin dengan selisih dua angka.

Previous articleGame Komputer Seru, ada RF Return, Unity, dan Neptune
Next articleSecara resmi, kenaikan harga PS5 di Indonesia meningkat sebanyak RP. 900.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here